سورة البقرة ١- ٥
الم -١- ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ -٢- الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ -٣- والَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ -٤- أُوْلَـئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ -٥-
I`rab
Yang dikehendaki dari kalimah ini adalah lafadznya bukan
ma'nanya. Berkedudukan rofa` sebagai khobar dari mubtada yang dibuang yakni (
هذه الم )
|
الم
|
Isim Isyaroh berkedudukan
rofa` sebagai mubtada.
|
ذَلِكَ
|
Khobar dari kalimah ( ذلك )
karena dengan kalimah ini memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan
(ikhbar) bahwa yang ditunjuk oleh isim isyaraoh adalah kitab suci, yang layak
dengan penggunaan istilah ( الكتاب ). Jumlah ibtidaiyah ini tidak memiliki
kedudukan dalam i`rab. Selain itu, ada juga yang menjadikannya sebagai badal
dari kalimah ( ذلك ) sehingga khobarnya adalah jumlah ( لا ريب فيه ).
|
الْكِتَابُ
|
( لا ) nafi' dan ( ريب ) isimnya, mabni fathah berkedudukan
nashab. Jar majrur berkaitan dengan kalimah yang dibuang sebagai khobar
( لا
). Jumlah ini sebagai khobar ( ذلك ) atau hal dari ( الكتاب
)
|
لاَ رَيْبَ فِيهِ
|
Khobar ketiga dari kalimah
( ذلك )
|
هُدًى
|
Jar majrur berkaitan dengan
( هدى
) atau sifat dari (هدى)
|
لِّلْمُتَّقِينَ
|
Isim Maushul berkedudukan
jar sebagai sifat dari kalimah ( للمتقين )
|
الَّذِينَ
|
Fi`il mudhori` dirofa`kan,
tanda rofa`nya adalah tetapnya nun karena ia termasuk af`al khomsah. Huruf
wau ( و
) adalah dhomir muttashil berkedudukan rofa` sebagai fa`il. Jumlah fi`liyah
berkedudukan sebagai shilah maushul
|
يُؤْمِنُونَ
|
Jar majrur berkaitan
dengan ( يؤمنون )
|
بِالْغَيْبِ
|
Athaf kepada jumlah ( يؤمنون )
dan masih bagian dari shilah maushul
|
وَيُقِيمُونَ
|
Maf`ul bih
|
الصَّلاةَ
|
Huruf wau ( و )
adalah huruf athaf. dan ( مما ) adalah jar majrur berkaitan dengan ( ينفقون
)
|
وَمِمَّا
|
Fi`il madli, fa`il dan
maful bih. jumlah ( رزقناهم ) adalah shilah dari ( ما ) dan a`idnya dibuang, takdirnya ( رزقناهم اياه )
|
رَزَقْنَاهُمْ
|
Fi`il mudhori` dirofa`kan
athaf kepada kalimah ( يقيمون ) dan masih bagian dari shilah maushul ( الذين
)
|
يُنفِقُونَ
|
Huruf wau ( و )
adalah huruf athaf, Isim maushul diathafkan kepada isim maushul yang pertama.
keduanya termasuk dari suluk orang-orang yang bertakwa
|
والَّذِينَ
|
Fi`il mudhori` dirofa`kan,
dan huruf wau ( و ) adalah fa`il. Jumlah ini adalah shilah maushul.
|
يُؤْمِنُونَ
|
Jar majrur berkaitan dengan
( يؤمنون )
|
بِمَا
|
Fi`il madli mabni majhul,
naib fa`ilnya dhomir yang tersembunyi takdirnya adalah ( هو ) kembali kepada
( ما
) yakni Al-Qur'an. Jumlah ini adalah shilah maushul.
|
أُنزِلَ
|
Jar majrur berkaitan dengan
( انزل )
|
إِلَيْكَ
|
Huruf wau ( و )
adalah huruf athaf dan kalimah ( ما ) diathafkan kepada ( بما انزل اليك )
|
وَمَا
|
Shilah maushul ( ما )
|
أُنزِلَ
|
Jar majrur berkaitan dengan
kalimah yang dibuang berkedudukan sebagai hal
|
مِن قَبْلِكَ
|
Huruf wau ( و )
adalah huruf athaf, jar majrur berkaitan dengan ( يوقنون )
|
وَبِالآخِرَةِ
|
Dhomir munfashil
berkedudukan sebagai mubtada
|
هُمْ
|
Fi`il mudhori` dirofa`kan.
Huruf wau ( و ) adalah fa`ilnya. Jumlah ismiyah diathafkan kepada jumlah
fi`liyah yakni ( ومما رزقناهم ينفقون ).
|
يُوقِنُونَ
|
Isim Isyaroh mabni kasroh
berkedudukan rofa` sebagai mubtada
|
أُوْلَـئِكَ
|
Jaar majrur berkaitan dengan
kalimah yang dibuang sebagai khobar dari kalimah ( اولئك )
|
عَلَى هُدًى
|
Jar majrur berkaitan dengan
kalimah yang dibuang sebagai sifat dari kalimah ( هدى )
|
مِّن رَّبِّهِمْ
|
( اولئك ) sebagai mubtada, ( هم ) dhomir fashl
(pemisah) dan tidak berkedudukan dalam i`rab
|
وَأُوْلَـئِكَ هُمُ
|
Khobar ( اولئك ) atau boleh
mengi`rab ( هم ) sebagai mubtada dan ( المفلحون ) khobarnya. Jumlah ismiyah ini menjadi
khobar ( اولئك )
|
الْمُفْلِحُونَ
|
Semoga bermanfaat, Al Fatihah
sumber : I`rabul Qurán wa Bayanuh J. 1, H. 23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar